1.
Pasar tidak semua pasar persaingan sempurna. Ada
yang monopoli dan monopsoni. Oligopoli sebenarnya tidak terdapat pada pasar
untuk produk pertanian meskipun pasar seperti itu mungkin dapat terjadi pada
pasar input yang dihasilkan industri.
2.
Dalam pasar input pertanian, posisi lemah petani
timbul karena struktur pasar input pertanian cenderung imperfect competition .
sementara dalam pasar output ,petani adalah pengambil harga karena barang yang
homogen.
3.
Pasar monopoli =
a.
MR = P(1+1/e)
b.
E jika (-) maka P>MR, kecuali dalam
elastisitas sempurna, dan makin elastisitas kurva permintaan maka besar
perbedaan antara harga dan MR.
c.
MR (+) jika permintaan elastis e=1 .
4.
Monopoli menghasilkan output lebih rendah
daripada persaingan sempurna,hrga yang ditanggung konsumen lebih tinggi dan
supernormal profit. Jika monopolist menentukan harga tertentu kurva permintaan
pasar akan menentukan berapa banyak output yang dapat terjual. Monopolist
beroperasi pada bagian kurva permintaan pasar yang elastis. Sekalipun biaya
produksi nol, memproduksi output lebih besar dari Q2 menjadi tidak optimal
karena MR negatif
5.
Permintaan input
a.
Permintaan monopolist terhadap input dapat
diderivasi menggunakan prinsip yang sama pada firm kompetitif.
b.
Bagi firm kompetitif, tambahan total penerimaan
yang diperoleh melalui penambahan input variabel berupa nilai produk marjinal
c.
VPML=MPL x PQ
d.
Pada monopolist, harga turun sejalan dengan
peningkatan output dan perubahan penerimaan total sebagai akibat perubahan
output ditentukan oleh MR. Bukan harga produk. Oleh karena mereka menambah
penggunaan input tenaga kerja ,perubahan total penerimaan ditentukan oleh MPL x
MRPL.
e.
MR<P maka kurva MRP berada dibawah kurva VPM
f.
Jika pasar input variabel = kompetitif,
monopolis dapat membeli input tenaga kerja pada upah yang berlaku. Penawaran
tenaga kerja dalam kasus ini = elastis sempurna.
g.
Ekuilibrium saat Wo = MRPL. Kurva permintaan
output atau fungsi produksi monopolist = firm kompetitifnya, maka dapat
disimpulkan kesempatan kerja pada pasar monopoli < pasar kompetitif karena
ekuilibrium firm kompetitif terjadi pada VMPL = Wo.
6.
Diskriminasi harga
a.
Monopolis yang berusaha mencapai profit maksimum
harus memutuskan tingkat produksi dan alokasi output pada tiap2
pasar.elastisitas tiap pasar memiliki elastisitas yang berbeda. Tapi karena
biaya produksi tidak ditentukan oleh tujuan akhir produk,maka kurva marginal
costnya sama.
b.
Tetapi karena biaya produksinya tidak ditentukan
oleh tujuan akhir produk, maka kurva MC sama.
c.
Tingkat output optimal bagi monopolis jika MC =
MR1 = MR2
7.
Regulasi terhadap monopoli
a.
Bentuk regulasi pemerintah yang umum terhadap
monopoli dalam pasar produk = penetapan
harga maksimum dibawah profit maksimum harga atau price ceilling
b.
Profit maximizing price Po dan price ceiling pc.
Maka price ceiling = MC.
c.
Bentuk regulasi lain ialah pemerintah menerapkan
lump sum tax pada keuntungan yang diterima monopolist. Efek kebijakan ini
sederhana yaitu berkurangnya keuntungan monopolis dan tidak berdampak pada
harga dan output. Pengenaan pajak ini = peningkatan FC.
8.
Monopsoni
a.
Berfokus pada monopoly power pada pasar input
pada kasus pembeli tunggal(monopsonist) . monopsonis harus membedakan AFC
dengan MFC. Monopsonis akan mempertimbangkan tambahan pengeluaran dari
penambahan suatu input dengan benerfit marjinalnya (MRP)
b.
Kondisi optimal monopsonis ialah MFC = MRP
c.
Berdasar optimal rule, monopsonis akan
mempekerjakan tenaga kerja sebanyak Lo pada harga tenaga kerja input Wo. L1
pada W1 = kurva penawaran labor berpotongan dengan permintaannya.
d.
Perbandingan kombinasi monopoli dan monopsonis
pada pasar persaingan sempurna baik untuk pasar produk maupun pasar faktor dan
menghasilkan kesempatan kerja dan upah lebih rendah daripada persaingan
sempurna. L1 dan W1 pada saat VMPL = SL. Pertimbangan monopolis pada MRP bukan
VMPL.
9.
Struktur dan fungsi pasar pertanian
a.
5 rantai pemasaran dalam pemasaran output
pertanian :
i.
Farmer, S, P, T rural consumer
ii.
Farmer, S, P, T rural retailer, T rural consumer
iii.
Farmer, S, T residentnprocessor S, Trural
retiler, T rural consumer
iv.
Farmer, S, Tresident, s, T non resident
wholesaler, S, T urban consumer
v.
Farmer, S, T non resident wholesaler, S, T urban
wholesaler, retailer, or consumer.
10.
Kelembagaan pasar
a.
Kelembagaan pasar pada rantai pemasaran mencakup
5 kelompok pelaku ekonomi : PRODUSEN – MERCHANT – WHOLESALER – RETAILER –
KONSUMER
11.
Fungsi pasar
a.
Fungsi dimaa lembaga memainkan fungsi yang
berbedda .ada 2 ciri utama =
i.
Menambah nilai produk
ii.
Membutuhkan berbagai input untuk menjalankannya
dan konsekuensi menimbulkan biaya.
b.
Retail farmgate margin = margin pemasaran dengan
selisih antara harga suatu produk di tingkat eceran dengan harga yang di terima
petani dan dimana konsumen dengan bersedia membayar dengan harga tertentu.
12.
Ekuilibrium simultan
a.
Analisis tentang margin dibatasi pada market
level yaitu :
i.
Tingkat petani-pedagang dan mencakup pembentukan
harga di tingkat petani atau produsen
ii.
Di tingkat eceran dan pembentukan harga eceran
dan tingkat intermediate yang mencakup sektor perdagangan besar.
b.
Permintaan tingkat eceran ada 2 komponen
i.
Permintaan produk pertanian disebut derived
demand yang diturunkan dari permintaan konsumen terhadap produk pertanian di
tingkat retail
ii.
Permintaan terhadap jasa-jasa pemasaran
c.
Kurva derived supply = penjumlahan secara
vertikal primary supply dengan retail farmgate margin.
d.
Telah terh=jadi perbaikan teknologi transportasi
sehinngga menyebabkan penurunan biaya transportasi. Akibatnya bergesernya kurva
derived supply ke kanan bawah dan kurva derived demand ke kanan atas. Akibatnya
lagi harga di tingkat eceran turun, sedangkan harga di tingkat petani mengalami
kenaikan sehingga margin pemasaran akan makin kecil.
13.
Ringkasan
a.
Pasar eksis untuk memfasilitasi transfer
kepemilikan barang dan jasa dari pemilik ke pemilik lainnya.
b.
Indikator struktur pasar berdasarkan
karakteristik pasar, yaitu jumlah penjual dan pembeli, sifat produk yang
diperjualbelikan ,kemudahan masuk dan keluar pasar, pengetahuan informasi
tentang pasar, harga dan struktur biaya produksi
c.
Rantai pemasaran merupakan rangkaian perubahan
kepemilikan dan proses ekonomi,dimana suatu produk ditransformasikan dari
produsen utama ke akhir.
Kelembagaan pasar mencakup kelompok pelaku ekonomi
mulai dari produsen hingga konsumen akhir yang berfungsi menciptakan /menambah
nilai suatu produkdaftar pustaka : haryanto, tri dkk. 2009. ekonomi pertanian. surabaya : airlangga university press
1xbet korean - legalbet
BalasHapus1xbet korean - legalbet · 1xbet korean - legalbet.co.kr 1xbet partenaire apk download · 1xbet korean - legalbet.co.kr · 1xbet korean - legalbet.co.kr · 1xbet korean - legalbet.co.kr · 1xbet korean - legalbet.co.