Rabu, 24 Juni 2015

BAB ANALISIS PASAR PERTANIAN


1.       Pasar tidak semua pasar persaingan sempurna. Ada yang monopoli dan monopsoni. Oligopoli sebenarnya tidak terdapat pada pasar untuk produk pertanian meskipun pasar seperti itu mungkin dapat terjadi pada pasar input yang dihasilkan industri.
2.       Dalam pasar input pertanian, posisi lemah petani timbul karena struktur pasar input pertanian cenderung imperfect competition . sementara dalam pasar output ,petani adalah pengambil harga karena barang yang homogen.
3.       Pasar monopoli =
a.       MR = P(1+1/e)
b.      E jika (-) maka P>MR, kecuali dalam elastisitas sempurna, dan makin elastisitas kurva permintaan maka besar perbedaan antara harga dan MR.
c.       MR (+) jika permintaan elastis e=1 .
4.       Monopoli menghasilkan output lebih rendah daripada persaingan sempurna,hrga yang ditanggung konsumen lebih tinggi dan supernormal profit. Jika monopolist menentukan harga tertentu kurva permintaan pasar akan menentukan berapa banyak output yang dapat terjual. Monopolist beroperasi pada bagian kurva permintaan pasar yang elastis. Sekalipun biaya produksi nol, memproduksi output lebih besar dari Q2 menjadi tidak optimal karena MR negatif
5.       Permintaan input
a.       Permintaan monopolist terhadap input dapat diderivasi menggunakan prinsip yang sama pada firm kompetitif.
b.      Bagi firm kompetitif, tambahan total penerimaan yang diperoleh melalui penambahan input variabel berupa nilai produk marjinal
c.       VPML=MPL x PQ
d.      Pada monopolist, harga turun sejalan dengan peningkatan output dan perubahan penerimaan total sebagai akibat perubahan output ditentukan oleh MR. Bukan harga produk. Oleh karena mereka menambah penggunaan input tenaga kerja ,perubahan total penerimaan ditentukan oleh MPL x MRPL.
e.      MR<P maka kurva MRP berada dibawah kurva VPM
f.        Jika pasar input variabel = kompetitif, monopolis dapat membeli input tenaga kerja pada upah yang berlaku. Penawaran tenaga kerja dalam kasus ini = elastis sempurna.
g.       Ekuilibrium saat Wo = MRPL. Kurva permintaan output atau fungsi produksi monopolist = firm kompetitifnya, maka dapat disimpulkan kesempatan kerja pada pasar monopoli < pasar kompetitif karena ekuilibrium firm kompetitif terjadi pada VMPL = Wo.
6.       Diskriminasi harga
a.       Monopolis yang berusaha mencapai profit maksimum harus memutuskan tingkat produksi dan alokasi output pada tiap2 pasar.elastisitas tiap pasar memiliki elastisitas yang berbeda. Tapi karena biaya produksi tidak ditentukan oleh tujuan akhir produk,maka kurva marginal costnya sama.
b.      Tetapi karena biaya produksinya tidak ditentukan oleh tujuan akhir produk, maka kurva MC sama.
c.       Tingkat output optimal bagi monopolis jika MC = MR1 = MR2
7.       Regulasi terhadap monopoli      
a.       Bentuk regulasi pemerintah yang umum terhadap monopoli dalam pasar produk  = penetapan harga maksimum dibawah profit maksimum harga atau price ceilling
b.      Profit maximizing price Po dan price ceiling pc. Maka price ceiling = MC.
c.       Bentuk regulasi lain ialah pemerintah menerapkan lump sum tax pada keuntungan yang diterima monopolist. Efek kebijakan ini sederhana yaitu berkurangnya keuntungan monopolis dan tidak berdampak pada harga dan output. Pengenaan pajak ini = peningkatan FC.
8.       Monopsoni
a.       Berfokus pada monopoly power pada pasar input pada kasus pembeli tunggal(monopsonist) . monopsonis harus membedakan AFC dengan MFC. Monopsonis akan mempertimbangkan tambahan pengeluaran dari penambahan suatu input dengan benerfit marjinalnya (MRP)
b.      Kondisi optimal monopsonis ialah MFC = MRP
c.       Berdasar optimal rule, monopsonis akan mempekerjakan tenaga kerja sebanyak Lo pada harga tenaga kerja input Wo. L1 pada W1 = kurva penawaran labor berpotongan dengan permintaannya.
d.      Perbandingan kombinasi monopoli dan monopsonis pada pasar persaingan sempurna baik untuk pasar produk maupun pasar faktor dan menghasilkan kesempatan kerja dan upah lebih rendah daripada persaingan sempurna. L1 dan W1 pada saat VMPL = SL. Pertimbangan monopolis pada MRP bukan VMPL.
9.       Struktur dan fungsi pasar pertanian
a.       5 rantai pemasaran dalam pemasaran output pertanian :
                                                               i.      Farmer, S, P, T rural consumer
                                                             ii.      Farmer, S, P, T rural retailer, T rural consumer
                                                            iii.      Farmer, S, T residentnprocessor S, Trural retiler, T rural consumer
                                                           iv.      Farmer, S, Tresident, s, T non resident wholesaler, S, T urban consumer
                                                             v.      Farmer, S, T non resident wholesaler, S, T urban wholesaler, retailer, or consumer.
10.   Kelembagaan pasar
a.       Kelembagaan pasar pada rantai pemasaran mencakup 5 kelompok pelaku ekonomi : PRODUSEN – MERCHANT – WHOLESALER – RETAILER – KONSUMER
11.   Fungsi pasar
a.       Fungsi dimaa lembaga memainkan fungsi yang berbedda .ada 2 ciri utama =
                                                               i.      Menambah nilai produk
                                                             ii.      Membutuhkan berbagai input untuk menjalankannya dan konsekuensi menimbulkan biaya.
b.      Retail farmgate margin = margin pemasaran dengan selisih antara harga suatu produk di tingkat eceran dengan harga yang di terima petani dan dimana konsumen dengan bersedia membayar dengan harga tertentu.
12.   Ekuilibrium simultan
a.       Analisis tentang margin dibatasi pada market level yaitu :
                                                               i.      Tingkat petani-pedagang dan mencakup pembentukan harga di tingkat petani atau produsen
                                                             ii.      Di tingkat eceran dan pembentukan harga eceran dan tingkat intermediate yang mencakup sektor perdagangan besar.
b.      Permintaan tingkat eceran ada 2 komponen
                                                               i.      Permintaan produk pertanian disebut derived demand yang diturunkan dari permintaan konsumen terhadap produk pertanian di tingkat retail
                                                             ii.      Permintaan terhadap jasa-jasa pemasaran
c.       Kurva derived supply = penjumlahan secara vertikal primary supply dengan retail farmgate margin.
d.      Telah terh=jadi perbaikan teknologi transportasi sehinngga menyebabkan penurunan biaya transportasi. Akibatnya bergesernya kurva derived supply ke kanan bawah dan kurva derived demand ke kanan atas. Akibatnya lagi harga di tingkat eceran turun, sedangkan harga di tingkat petani mengalami kenaikan sehingga margin pemasaran akan makin kecil.
13.   Ringkasan
a.       Pasar eksis untuk memfasilitasi transfer kepemilikan barang dan jasa dari pemilik ke pemilik lainnya.
b.      Indikator struktur pasar berdasarkan karakteristik pasar, yaitu jumlah penjual dan pembeli, sifat produk yang diperjualbelikan ,kemudahan masuk dan keluar pasar, pengetahuan informasi tentang pasar, harga dan struktur biaya produksi
c.       Rantai pemasaran merupakan rangkaian perubahan kepemilikan dan proses ekonomi,dimana suatu produk ditransformasikan dari produsen utama ke akhir.
Kelembagaan pasar mencakup kelompok pelaku ekonomi mulai dari produsen hingga konsumen akhir yang berfungsi menciptakan /menambah nilai suatu produk

daftar pustaka : haryanto, tri dkk. 2009. ekonomi pertanian. surabaya : airlangga university press 

1 komentar:

  1. 1xbet korean - legalbet
    1xbet korean - legalbet · 1xbet korean - legalbet.co.kr 1xbet partenaire apk download · 1xbet korean - legalbet.co.kr · 1xbet korean - legalbet.co.kr · 1xbet korean - legalbet.co.kr · 1xbet korean - legalbet.co.

    BalasHapus